Senin, 27 Maret 2017

Pidato Keistimewaan Al Qur'an.


Hai Assalamu"alaikum wr wb.. Aku ingin berbagi ilmu nih sama kalian... bagi temen-temen yang butuh teks pidato lengkap, nih aku punya teksnya. Aku buat waktu aku mau lomba disekolah. Alhamdulillah aku dapat juara 2..hehehe .. Semoga bermanfaat.




Nama  :Mila Anggraini
                        Kelas   : XII A
Assalamu’alaikum wr wb.
Alhamdulillahirabbil 'alamin washolatu wassalamu'ala asrafil anbiyai wal mursalin, sayyidina wamaulana muhammadin wa'ala alihi waaskhabihi ajma'in.Amma ba’du..
Yang terhormat Kepala SMA Negeri 1 Batang
Yang saya hormati dewan juri lomba kultum tahun 2016 SMA Negeri 1 Batang
Yang saya hormati bapak ibu guru beserta staff tata usaha SMA Negeri 1 Batang
Tidak lupa juga teman-teman dan adik-adikku kelas 10 dan 11 yang saya sayangi.
            Segala puji kita panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi atas nikmat iman,islam, dan ihsan sehingga pada hari ini kita diberi kemudahan untuk bermuwajahah dalam keadaan sehat wal’afiat. Sholawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW nabi akhiruzzaman, nabi pemimpin umat yang menyelamatkan manusia dari zaman kebodohan,jahiliyah, gelap gulita menuju zaman islamiyah yang terang benderang. Semoga kita semua bisa meneruskan perjuangan beliau dan termasuk umat-umatnya yang mendapat syafaat di yaumul qiyamah nanti. Aamiin.
Hadirin rahimakumullah...
Pada kesempatan yang baik ini, perkenankanlah saya perwakilan dari kelas XII A akan menyampaikan kultum dengan judul “Al Qur’an yang istimewa”.
Al Quran adalah firman langsung dari Allah SWT yang diturunkan kepada baginda Rasulullah SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al Quran merupakan pedoman hidup umat manusia dari masa Nabi Muhammad hingga hari kiamat nanti. Tidak ada sedikitpun keraguan terkait isi dan makna didalamnya karena Allah Dzat yang menciptakan danm menurunkan Al Qur’an itu sendiri  menjamin langsung kemurnian kitab Al Qur’an.
Maka berbahagialah orang yang memuliakan Al Quran dengan membaca, menghafal dan memahami isi kandungannya. Allah SWT akan mengangkat derajat orang tersebut lebih tinggi dibandingkan para hambaNya yang lain. Allah SWT says in Surah Al Hijr , which reads :


Artinya : Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Adz-Dzikr dan Kamilah yang akan menjaganya.
Hadirin yang berbahagia...
Lalu apa keistimewaan Al Quran dibandingkan kitab-kitab sebelumnya?
Beberapa kemukjizatan yaitu :
·         Al qur’an sumber dari segala sumber hukum.
Al qur’an memuat berbagai aturan perundang-undangan bagi kehidupan manusia dunia dan akhirat. Hukum tersebut mencakup berbagai aspek mulai aspek ritual, sosial, pendidikan dll.
·         Al qur’an terjaga keasliannya.
·         Al qur’an memuat Iptek.
Al quran memuat pengetahuan di masa lampau maupun masa datang. Bahkan para ahli muslim atau nonmuslim banyak yang mengkaji dan terbukti kebenarannya.
·         Al qur’an memiliki bahasa indah
Jika dicermati Al Qur’an begitu puitis tapi Al Qur’an bukanlah kitab puisi ataupun kitab sastra. Keindahan bahasanya tiada tara.
·         Al Qur’an adalah assyifa.
Al Qur’an sebagai obat hati yang sedang gundah gulana, sedih ataupun penyakit hati yang lain. Seperti halnya yang dinyanyikan oleh Opick dengan lagunya yang berjudul “Tombo Ati”
Oleh karena itu, saya akan mengajak hadirin semua untuk bernyanyi dan bersholawat bersama dengan genre lagu opick.
Tombo ati iku 5 perkarane
Kaping pisan moco qur’an lan maknane
Kaping pindho sholat wengi lakonono
Kaping telu wongkang soleh kompolono
Kaping papat kudu weteng ingkang luwe
Kaping limo dzikir wengi ingkang suwe
salahsawijine sapa bisa ngelakoni mugi-mugi Gusti Allah njembatani
(shalawat)

Hadirin Rahimakumullah...
Kesimpulannya ialah tetaplah semangat dalam memuliakan Al quran dan tidak boleh putus asa karena Al Qur’an adalah fitrah manusia yang istimewa.Demikian yang bisa saya sampaikan, semua kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf. Kupat lepat tutul santen sedaya  lepat nyuwun ngapunten. Maturnuwun.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roleplay kebidanan

Narrator : Mila Bidan 1 : Okta Bidan 2 : Lekha Perawat/adm : Tantri Bu Bejo : Ismi Pak Bejo : Mega Bu Hurin : Hurin Bu Dewi ...